Gejala Tipes Anak dan Orang Dewasa yang Wajib Kamu Tau

Tifus merupakan penyakit yang disebabkan karena pengaruh kuman atau virus. Hampir 60 % tipes menyerang para anak-anak hingga remaja dengan gejala yang beraneka ragam. Ada yang mengalami demam, pusing, dan bahkan pingsan mendadak. Tipes tidak boleh kamu anggap sebagai penyakit yang sepele, sebab jika sudah berjalan cukup lama akan mengakibatkan kematian.

Menangani tifus juga tidak boleh sembarangan. Penyakit ini harus segera ditangani dokter, apalagi saat ini telah banyak sekali kasus kematian yang disebabkan karena penyakit tersebut. Namun sebelum memvonis dirimu terkena penyakit ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa gejala tifus pada anak dan orang dewasa secara umum berikut ini.

gejala tipes
Gejala awal tipes/tifus/typus yang wajib kamu waspadai

Gejala Penyakit Tifus Pada Anak dan Orang Dewasa

Demam

Demam bisa menjadi gejala semua penyakit, terutama tifus. Penderita tipes akan mengalami demam tinggi di minggu pertama. Demam biasanya akan meninggi di malam hari. Sangat diperlukan penanganan khusus untuk segera meredakan demam, apalagi jika menyerang anak-anak harus segera ditangani karena jika tidak akan mengakibatkan STEP.

Otot terasa sakit

Nyeri otot juga bisa menjadi salah satu gejala tifus yang dapat kamu identifikasi. Munculnya rasa nyeri ini disebabkan karena serangan virus sudah masuk kedalam tubuh terutama di bagian tulang dan otot. Istilah jawa menyebutnya dengan ngetok-ngetok atau otot terasa patah-patah. Jika demam disertai dengan gejala ini maka kamu harus lebih waspada.

Sedangkan gejala tipes lainnya sebetulnya masih banyak. Seperti misalnya sakit kepala, kelelahan, lemas, batuk, dan masih banyak lagi. Itulah beberapa gejala tifus yang wajib kamu tau agar tetap menjaga kesehatan. Salam.